Posted by : UMN Wednesday, August 28, 2013

OMB Awal Baru Untuk Meraih Mimpi

August 28, 2013 : by Jece / Universitas Multimedia Nusantara News Service


Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) dicanangkan untuk memberikan pengalaman dan pengajaran bagi para siswa yang telah naik ke jenjang lebih tinggi.  Orientasi atau yang merupakan momentum di mana mahasiswa merasa asing untuk menghadapinya. Namun, sebenarnya inilah momen di mana mereka mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengikuti orientasi semacam ini.

Dari berbagai games yang dilakukan pada hari ketiga OMB (28/8/2013), banyak nilai-nilai yang bisa dipelajari, seperti komunikasi, tanggung jawab, teamwork, dan juga koordinasi tim. Karena memang dari 4 hari pelaksanaan OMB, dua hari pertama pengenalan kampus, dan sisanya untuk menambahkan semangat kerjasama tim mereka. Inilah mengapa proses orientasi ini wajib, selain untuk peningkatan soft skills, juga untuk membangun kerjasama dan komunikasi dalam tim baik dalam proses belajar, bermasyarakat dan berkarya di dunia kerja dan bermasyarakat.

Games tersebut seperti misalnya hullahoop, peserta mengarahkan telunjuk ke depan pada titik tertentu dan saling berhadapan, di atas jari telunjuk yang ditempat kan hulahoop kemudian secara bersamaan semua anggota kelompok secara bersama - sama mengangkat hulahoop sampai tinggi tangan, apabila salah atau jatuh maka kelempok tersebut harus  kembali lagi dari awal. Tujuan dari permainan ini untuk melatih peserta OMB dalam kepemimpinan, komunikasi, fokus pada tugas, dan tanggung jawab keberhasilan tim. Dan bagi kelompok yang berhasil panitia memberikan bintang pada papan kelompoknya. Semakin banyak bintang yang di peroleh dalam setiap permain maka kelompok tersebutlah sebagai pemanangnya.
Ketua Pelaksana OMB, Irman F Saputra, mengatakan bahwa tema yang diusung tahun ini memiliki makna yang sangat mendalam, “There’s More to Life, marilah mahasiswa bersama-sama memiliki mimpi, dan mewujudkannya di UMN. Makanya ada satu slogan “Aku Hadir Meraih Mimpi.” Baginya, setiap orang tidak memiliki batasan untuk bermimpi dan berbuat lebih untuk sesama.

 Salah satu kelompok peserta OMB menyampaikan mimpinya, membuat sebuah gadget yaitu dompet yang dilengkapi dengan GPS. Dompet ini bertujuan apabila suatu waktu dompet ini hilang atau kecurian, akan ada sebuah akses untuk menemukannya kembali. Ini adalah suatu temuan yang menunjukkan bahwa mereka adalah generasi muda yang penuh mimpi, berkreatifitas tinggi, serta memiliki inovasi unik. “Dan UMN adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan mimpi-mimpi kami.” Ujarnya.

Seharusnya seperti inilah orientasi yang dilakukan di universitas-universitas, tidak ada kekerasan, tidak ada bullying, tidak ada hal-hal negatif yang terjadi selama proses tersebut. Marilah kita mulai orientasi pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai kehidupan yang memiliki kreatifitas dan inovasi tinggi, sehingga berguna untuk mahasiswa agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan masyarakat. (*)

Pendaftaran online klik disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Manajemen -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -