Posted by : UMN Monday, August 26, 2013


August 20, 2013 : by Arnoldus Kristianus / Universitas Multimedia Nusantara News Service

Dalam melakukan kegiatan, kita tidak lepas dari resiko kecelakaan. Oleh karena itu kita harus siap dengan resiko tersebut. Kali ini Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan pelatihan medis dengan tema First Aid Training Basic Life Support. Pelatihan ini berlangsung pada  tanggal 19 Agustus 2013, diadakan oleh bagian Kemahasiswaan bekerjasama dengan Rumah Sakit Bethsaida Paramount.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan pertolongan pertama untuk dasar kecelakaan utama seperti korban pingsan, cedera, dan luka bakar.” Ujar Yusuf Andi dari bagian Bussiness Development Rumah Sakit Behtsaida. Ada 28 peserta yang hadir dalam acara yang terdiri dari panitia orientasi mahasiswa baru seksi kesehatan, berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rencang dan Mapala UMN sedangkan tim pelatih dari Rumah Sakit Bethsaida mengirim 8 orang. Dalam pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi teori dilanjutkan dengan praktek .

Dalam pelatihan peserta diajarkan tentang cara-cara melakukan pertolongan untuk korban dengan dua teknik yang diberikan. Dua Teknik adalah Teknik Bantuan Hidup Dasar dan Teknik Pemidaian Bantuan Hidup. Bantuan Hidup Dasar yaitu jika pada suatu keadaan ditemukan korban dengan penilaian dini terdapat gangguan tersumbatnya jalan nafas, tidak ditemukan adanya nafas dan atau tidak ada nadi, maka penolong harus segera melakukan tindakan yang dinamakan dengan istilah Bantuan Hidup Dasar. Bantuan hidup dasar terdiri dari beberapa cara sederhana yang dapat membantu mempertahankan hidup seseorang untuk sementara. Beberapa cara sederhana tersebut adalah bagaimana menguasai dan membebaskan jalan nafas, bagaimana memberikan bantuan penafasan dan bagaimana membantu mengalirkan darah ke tempat yang penting dalam tubuh korban, sehingga pasokan oksigen ke otak terjaga untuk mencegah matinya sel otak. 

Untuk teknik kedua Pemidaian adalah suatu cara pertolongan pada cedera/trauma sistim muskuloskeletal untuk mengistirahatkan (immobilisasi) bagian pertama tubuh kita yang mengalami cedera dengan menggunakan suatu alat bantu, dengan tujuan untuk mencegah gerakan fragmen patah tulang atau sendi yang mengalami dislokasi sehingga dapat meminimalisasi/mencegah kerusakan pada jaringan lunak sekitar tulang dan untuk mengurangi perdarahan dan bengkak yang timbul sehingga dapat mencegah terjadinya shock .


Dengan pelatihan First Aid Training Basic Life Support  panitia orientasi mahasiswa baru seksi kesehatan akan lebih siap terjun di lapangan untuk membantu rekan – rekannya apabila terjadi kecelakaan. Pelatihan kali ini merupakan pelatihan yang diadakan pertama kali dalam bidang medis, semoga pelatihan seperti ini bisa diselenggarakan lagi untuk tahun-tahun ke depan. (*)
www.umn.ac.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Manajemen -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -